Alasan untuk Mulai Gadai SGD,  Lebih Baik Daripada Dollar Amerika  | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

Alasan untuk Mulai Gadai SGD,  Lebih Baik Daripada Dollar Amerika 

20 October 2023

Alasan untuk Mulai Gadai SGD,  Lebih Baik Daripada Dollar Amerika 
SHARE

Dolar Singapura atau biasa dijuluki dengan SGD merupakan salah satu mata uang yang tetap tahan inflasi dan dan efek lain dibandingkan dolar AS. Selain itu, para analis mengatakan SGD adalah mata uang yang relatif “aman” - terutama di Asia Tenggara termasuk Indonesia. 

Alasan inilah yang dapat dijadikan dasaran mengapa Anda sebagai warga Indonesia dapat dengan aman mengoleksi dollar Singapura. Kemudian aset tersebut dapat digunakan sebagai gadai SGD yang nilainya relatif lebih aman. 

Apa Itu Gadai Mata Uang? 

Arabiangulfbusinessinsight.com

Sebelum membahas mengenai keunggulan gadai dolar Singapura, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan gadai mata uang? Gadai mata uang adalah trik yang membantu perusahaan maupun perorangan dalam melindungi diri dari perubahan nilai tukar mata uang. 

Untuk melindungi mata uang, sebuah perusahaan atau individu membuat kesepakatan jangka panjang dengan dealer investasi untuk menjual jumlah tertentu dari mata uang tertentu pada tanggal di masa depan - namun berdasarkan nilai tukar hari ini. 

Dengan mengunci nilai tukar mata uang hari ini melalui dana yang diperdagangkan, perusahaan atau individu tidak akan mendapatkan keuntungan jika nilai mata uang naik, tetapi akan mendapatkan perlindungan dari kerugian yang mungkin terjadi jika harga mata uang turun.

Mengapa Gadai SGD Dibandingkan Mata Uang Lain? 

Mata uang Singapura memang pernah jatuh senilai hampir 6% dari tahun ke tahun, tetapi mata uang lain di Asia telah melemah bahkan lebih terhadap efek greenback. Greenback sendiri merupakan istilah tersendiri yang merujuk kepada mata uang kertas Amerika Serikat. 

Berita tersebut akhirnya mendorong dolar AS naik ke puncak selama dua dekade baru, dan meningkatkan perbedaan suku bunga antara greenback dan banyak mata uang Asia lainnya. Analis bank mengatakan bahwa negara-negara di Asia dapat bangkit melalui mata uang Singapura meskipun pernah jatuh ke level terendah. 

Berikut adalah alasan-alasan kuat lainnya mengapa mengoleksi dollar Singapura lebih baik saat akan ditujukan sebagai aset gadai ke depannya. 

1. Dasar Ekonomi yang Kuat

Singapura adalah salah satu dari sedikit negara di dunia dengan rating kredit negara bernilai triple-A, kelebihan rekening saat ini yang kuat, dan cadangan mata uang positif. Faktor-faktor tersebutlah yang berkontribusi sebagai tempat yang aman bagi investor. 

Bahkan seorang kepala regional strategi forex di Maybank mengatakan bahwa setiap kali terjadi krisis keuangan yang tiba-tiba, banyak investor yang berminat pindah ke produk investasi Dollar Singapura. 

Selain itu, Singapura memiliki cadangan surplus yang signifikan untuk mengatasi krisis. Hal itu membuat Singapura menjadi salah satu elemen dari mata uang yang cenderung aman. Sehingga dollar Singapura dapat menyeimbangkan kesenjangan yang terjadi - dalam hal ekonomi utamanya. 

Dolar Singapura dijuluki sebagai surga bagi para investor dengan mata uang negara asalnya yang kurang resilien. Hal ini akibat dolar Singapura menjadi salah satu yang paling tahan lama dan berujung menguntungkan perusahaan yang memiliki investasi pada wilayah tersebut. 

2. Kebijakan Bank Sentral dalam Menjaga Inflasi

Unsplash.com 

Tidak seperti kebanyakan bank sentral lainnya, Otoritas Moneter Singapura menggunakan nilai tukar nominal efektif dolar Singapura untuk menjaga inflasi di bawah kendali. Sedangkan sebagian besar negara-negara lain di Asia menggunakan suku bunga sebagai alat kebijakan utama untuk mengelola inflasi. 

Bagaimana Tips Gadai SGD yang Aman? 

Unsplash.com 

Sebagai pemula, Anda dapat melakukan tips gadai SGD berikut agar tetap aman dan untung ke depannya. 

1. Mintalah Rekomendasi 

Tanyakan kepada seseorang yang Anda kenal dan percaya, apakah terdapat toko-toko gadai baik secara offline maupun online yang bagus di daerah Anda yang dapat mereka rekomendasikan.

2. Apakah Perusahaan Tersebut Berlisensi?

Perusahaan penyedia jasa gadai wajib memiliki lisensi. Lisensi dapat diperoleh melalui kepala polisi, atau komisi polisi. Jika Anda berada di negara yang berbeda dengan lokasi pegadaian, pastikan pawnbroker Anda memiliki lisensi toko yang valid.

3. Pastikan Seberapa Adil Tawaran yang Diberikan

Pawnbrokers harus adil dan berpengetahuan sebelum pihak tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda. Jika Anda ingin menjual atau menggadaikan barang, lakukan beberapa penelitian terhadap harga pasar untuk mencari tahu apakah nilai pasar yang ditawarkan telah sesuai dengan nilai item Anda.

Jika toko yang Anda datangi memberi Anda tawaran yang serupa maka proses gadai dapat dilanjutkan. Namun jika tawaran mereka secara substansial lebih rendah dan mereka tidak dapat memberikan alasan yang jelas, Anda mungkin dapat mencari toko pegadaian yang lain.

Gadai Barang Mewah Lainnya di Lesca Gadai Premier  

Dalam melakukan gadai terutama pada barang-barang yang mewah, dibutuhkan prosedur dan agen yang jelas. Di Indonesia sendiri, Lesca Gadai Premier merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan akses tersebut. Diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Lesca Gadai Premier menerima berbagai barang mewah untuk digadaikan. 

Barang-barang mewah yang digadaikan pada Lesca Gadai menjadi sangat berisiko apabila data pemilik tersebar luaskan. Maka dari itu, Lesca Gadai memberikan layanan kerahasiaan pribadi serta keuangan nasabah. 

Adanya asuransi pada barang-barang yang digadaikan oleh nasabah membuat Lesca Gadai sebagai perusahaan gadai yang dipercayai oleh nasabah. Mereka tidak perlu khawatir apabila barang yang digadaikan ternyata mengalami kerusakan seiring waktu berjalan. 

Penutup

Mata uang singapura memiliki kestabilan dan nilai investasi yang lebih baik sehingga dapat dijadikan alat berupa gadai SGD. Dalam melakukan gadai barang mewah tentunya pilihlah toko pegadaian yang berlisensi dan dapat dipercaya.  

RELATED NEWS

Chat dengan kami