Gadai USD Unik dan Langka Morgan Dollar, Apakah Familiar? | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

Gadai USD Unik dan Langka Morgan Dollar, Apakah Familiar?

03 October 2023

Gadai USD Unik dan Langka Morgan Dollar, Apakah Familiar?
SHARE

Dalam dunia pegadaian, dolar Amerika Serikat menjadi salah satu aset yang sangat berharga. Anda mungkin akan terbayang selembar uang dolar Amerika Serikat yang tampaknya tidak memiliki hal spesial. Namun pada artikel ini akan dibahas mengenai gadai USD berupa Morgan Dollar. Seperti apa spesialnya jenis mata uang ini dalam pegadaian? 

Apa Itu Morgan Dollar? 

 Gadai USD

needpix.com

Morgan Dollar adalah koin perak US bernilai $1, juga dapat disebut sebagai Morgan Silver Dollars. Morgan Silver Dollars dikenal setelah George T. Morgan, yang merancang koin tersebut diabadikan dalam koin sebagai simbol utama. Koin ini digunakan hampir secara eksklusif di Amerika Serikat bagian Barat meskipun lebih banyak digadaikan di New Orleans dan Philadelphia dibandingkan San Francisco dan Carson City. 

Secara keseluruhan, lebih dari 657 juta Morgan Silver Dollars diproduksi, dengan hampir 100 varietas mint dan tanggal berbeda. Maka dari itu, kolektor banyak mencari Morgan Silver Dollar dengan tujuan memiliki sepotong logam unik dari Amerika pada abad ke-19. 

Morgan Dollars, yang disebut cartwheels beberapa koinnya terbuat dari 90% perak dan 10% tembaga. Koin ini adalah koin yang sangat berat yaitu kurang dari 27 gram. Sisi depan dari Morgan Dollar menampilkan Lady Liberty, dengan sisi belakang menampilkan seekor elang.

Pada tahun 2021, untuk memperingati 100 tahun penambahan terakhir Morgan Silver Dollars, U.S. Morgan Dollar kembali dihidupkan sebagai bagian dari Morgan and Peace Dollar Anniversary Coin Program. Koin langka yang akhirnya diperdagangkan ditawarkan seharga USD 85. 

Mengapa Morgan Dollar Bernilai Tinggi?

Nilai jual Morgan Dollars yang tinggi dikarenakan komponen koin ini terbuat dari 90% perak, dimana perak itu sendiri memiliki nilai yang berharga. Kemudian bagi beberapa kolektor, memiliki sepotong koin dengan sejarah bermakna menjadi bermanfaat. Bagi kolektor yang lama, Morgan Dollars mewakili era ketika emas dan perak, bukan kertas, mendukung mata uang negara pada zaman dahulu. 

Gadai USD Morgan Dollar 

 Gadai USD

Flickr.com

Seperti yang diketahui, Morgan Dollars sangat populer. Apabila Anda memiliki satu koin tersebut maka sangat mungkin Anda akan mendapatkan harga yang menguntungkan saat digadai. Terutama jika Anda menggadaikannya melalui agen pegadaian barang-barang mewah dan bernilai tinggi seperti Lesca Gadai

Pada dasarnya, harga gadai morgan dollar memiliki pola yang mirip dengan gadai USD sehingga didasarkan pada kondisi dari koin, tahun keluaran, ada atau tidaknya kekurangan koin. Untuk mendapatkan harga terbaik untuk Dolar Morgan, sangat penting untuk Anda tahu jenis koin apa yang Anda miliki. Lima dolar Morgan yang paling berharga di antaranya adalah: 

  • 1893-S Morgan Dollar Mint Kondisi, Uncirculated
  • Tahun 1889 c. Morgan Silver Dollar Mint Kondisi, Uncirculated
  • 1901 Tidak terdaftar Morgan Silver Dollar Mint Kondisi, Uncirculated
  • 1886-O Morgan Silver Dollar, kondisi koin, tidak beredar
  • 1884-S Morgan Silver Dollar, Kondisi Mint, Tidak Beredar

Kelima jenis dolar Morgan tersebut apabila digadaikan dapat memiliki nilai lebih dari USD 100.000. Cukup fantastis bukan? 

Tips Menjual Barang Gadai dengan Aman 

 Gadai USD

Flickr.com

Melakukan aktivitas gadai terlebih pada barang-barang mewah, langka, dan unik haruslah hati-hati. Hal ini dikarenakan tingginya risiko akan penipuan yang terjadi. Berikut merupakan tips bagi Anda apabila ingin melakukan gadai USD dengan aman. 

Temukan Toko yang Tepat

Pertama-tama melakukan riset secara online untuk melihat apa ulasan dari orang lain tentang toko pegadaian yang Anda incar. Kemudian, pilih toko terkemuka dan broker membuat Anda merasa nyaman.

Dalam hal keamanan, Lesca Gadai tentu sudah tidak dapat diragukan lagi karena kapabilitasnya dalam melakukan jual beli barang-barang gadai. Selain itu, juga telah diawasi oleh OJK dengan Izin usaha yang resmi. 

Tentukan Tujuan Anda

Sebuah toko pegadaian akan memberikan Anda pilihan apakah Anda ingin melakukan penitipan barang/aset untuk digadai atau menjualnya. Sehingga akan memberikan pilihan bagi diri Anda dan Anda diharapkan tidak salah tujuan. Keputusan harus didasarkan pada sejumlah hal termasuk kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman dan nilai yang Anda tempatkan pada item yang Anda gadai atau jual.

Negosiasi

Pahami bahwa pemilik toko seperti Lesca Gadai adalah reseller, bukan kolektor. Perbedaannya, seorang kolektor akan memperhatikan barang-barang mewah seperti Morgan Dollar contohnya. Namun hal yang sama akan sangat mustahil terjadi pada sebuah agen pegadaian. Maka dari itu, sangat penting bagi Anda untuk menetapkan harga minimum sebelumnya sehingga Anda tidak membuat keputusan yang terlalu cepat dan akan Anda sesali nanti.

Bayar dengan Waktu

Jika Anda menggadaikan sebuah barang atau gadai USD untuk sebuah pinjaman, pastikan untuk membayar kembali pinjaman ditambah sejumlah bunga. Hal terpenting lainnya adalah lakukan pembayaran kembali secara tepat waktu dan sebagaimana disepakati. Jika tidak melakukan hal tersebut tentunya akan menyebabkan Anda kehilangan item unik yang Anda miliki, atau Anda harus memperpanjang pinjaman yang akan memberi biaya tambahan.

Penutup

Gadai USD melalui morgan dollar menjadi salah satu jenis item yang dapat digadaikan dengan nilai cukup fantastis. Hal utama yang harus dikuasai adalah menentukan agen yang dapat menerima barang pegadaian dengan tingkat keamanan tinggi seperti Lesca Gadai. 

RELATED NEWS

Chat dengan kami