5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Gadai Mobil Supercar | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Gadai Mobil Supercar

29 October 2022

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Melakukan Gadai Mobil Supercar
SHARE

Memiliki kendaraan Supercar merupakan impian semua orang. Mengingat kendaraan yang satu ini merupakan mobil berkelas mewah yang dirancang dengan performa super. Tidak semua orang bisa memiliki mobil Supercar, pasalnya mobil ini tidak diproduksi sembarangan. Pembeli harus memesan terlebih dahulu dan menentukan sendiri interior dan eksterior yang diinginkan. Tak heran jika harga mobil supercar bisa mencapai miliaran rupiah. 

Pada dasarnya, keuntungan memiliki barang-barang mewah, selain untuk memenuhi keinginan tetapi juga menjadi investasi masa depan jika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat. Maka, kemungkinan terburuk finansial yang akan terjadi nanti, dapat diatasi dengan cara melakukan penjualan atau gadai mobil supercar yang dimiliki. 

Apakah Mobil Supercar Bisa Digadaikan?

Memerlukan dana darurat bisa dialami oleh siapa saja dan kapan saja. Baik itu dari kalangan bawah maupun kalangan atas. Bukan hal yang tidak mungkin apabila orang-orang yang memiliki finansial baik tiba-tiba membutuhkan dana darurat. Hal itu bisa karena kebutuhan untuk konsumtif, pendidikan maupun membangun bisnis baru. 

Solusi yang bisa dilakukan dalam memenuhi permasalahan finansial yang dadakan, bisa dengan cara mengajukan pinjaman atau pegadaian. Untuk mengajukan gadai tentu harus menggunakan barang yang bernilai ekonomi tinggi. Barang-barang yang bernilai tinggi tentu akan menjadi jaminan bahwa dana yang dapat dicairkan juga tinggi.  Oleh karena itu, tidak semua barang dapat ajukan untuk pegadaian. 

Jadi, apakah Mobil Supercar bisa digadaikan? Jawabannya tentu saja bisa. Mobil Supercar memiliki harga yang tinggi dibandingkan mobil pada umumnya. Sehingga menjadi barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan dana cepat dengan jumlah yang banyak. Sekelas mobil Supercar saat ini memiliki nilai pinjaman hingga 90% tergantung pada bagaimana kondisi dari mobilnya. 

Menjual mobil Supercar tentu sangat disayangkan, apalagi jika mengingat perjuangan saat membelinya ataupun karena menjadi mobil koleksi terfavorite. Maka, disaat kondisi ekonomi sulit untuk mendapatkan dana cepat dapat dengan mengajukan gadai mobil Supercar Anda. 

Di Mana Bisa Mengajukan Gadai Mobil Supercar?

Tempat penggadaian saat ini sudah banyak dan tersebar di berbagai daerah maupun kota. Ada pegadaian di bawah naungan BUMN seperti PT Pegadaian (Persero) dan perusahaan swasta seperti Lesca Gadai Premier. Mengajukan pegadaian di perusahaan BUMN maupun swasta secara umum sama saja. Baik dari persyaratannya maupun tahapan pengajuannya.

Memilih perusahaan pegadaian untuk gadai mobil Super Care perlu berhati-hati. Banyak oknum penipu yang mengatasnamakan perusahaan atau lembaga pegadaian dalam melancarkan aksinya. Bukan hanya barang elektronik saja, tetapi sertifikat tanah, rumah, kendaraan motor, hingga mobil supercar bisa jadi sasaran penipuan. Sehingga disini Anda perlu cerdas dalam memilih perusahaan pegadaian.

Sebelum memilih, pastikan Anda mencari tahu informasi seputar perusahaan tersebut. Misalnya, informasi seputar kantor fisiknya, Surat Izin Usaha Gadai dari OJK, syarat dan ketentuan pegadaiannya hingga review dari para konsumennya seperti apa. 

Nah, Lesca Gadai Premier bisa menjadi rekomendasi yang tepat sebagai perusahaan pegadaian yang terpercaya. Anda dapat mengajukan berbagai pinjaman dana cepat dengan mengajukan berbagai jenis barang untuk digadaikan termasuk mobil Supercar. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Gadai Mobil Supercar

Mengajukan pegadaian jangan terburu-buru, karena Anda perlu memperhatikan banyak hal sebelum mulai pengajuan. Meskipun barang yang akan Anda ajukan sangat mewah seperti mobil Supercar. Namun, tidak menutup kemungkinan jika pengajuan Anda akan ditolak. 

Selain perlu mencari informasi dari perusahaannya, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal lain. Kira-kira apa saja ya? Yuk langsung simak saja lima point penting berikut:

  • Pastikan perusahaannya aman dan terpercaya 

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, Anda harus teliti dalam memilih perusahaan pegadaian. Baik perusahaan yang ada di BUMN maupun swasta, keduanya memiliki resiko yang sama. Pasalnya, tidak sedikit oknum yang mengatasnamakan perusahaan pegadaian untuk melakukan penipuan. 

Cari informasi terkait ciri-ciri perusahaan yang terpercaya dan yang terindikasi penipuan. Sebenarnya, untuk mengidentifikasinya cukup mudah. Bisa dengan  mencari lokasi kantor perusahaannya, legalitas izin usaha gadai, dan bagaimana sistem penyaluran dananya. Perusahaan yang terpercaya akan menjalankan usahanya sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (PJOK). 

  • Tanyakan jenis barang yang bisa digadaikan, apakah menerima gadai mobil supercar?

Setelah memastikan bahwa perusahaan tersebut dapat dipercaya karena memiliki legalitas izin usaha. Selanjutnya Anda perlu menanyakan tentang jenis-jenis  barang apa saja yang diterima oleh perusahaan tersebut untuk jadi barang gadai. Apakah mobil supercar termasuk kedalam salah satu jenis barang yang bisa digadaikan atau tidak.

Tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama, sehingga kemungkinan jenis-jenis barang gadai yang diterima juga akan berbeda. Apalagi sekelas mobil supercar, hanya perusahaan gadai tertentu yang menerima jenis barang mewah tersebut. 

  • Bagaimana penyimpanan barang pegadaian

Tak kalah penting, Anda perlu menanyakan tentang lokasi penyimpanan barang gadai. Apalagi Anda hendak mengajukan gadai mobil supercar. Tentu Anda tidak ingin mengambil risiko bukan? Oleh karena itu, tanyakan bagaimana penyimpanan barang di perusahaan tersebut dan apakah aman atau tidak. 

Perusahaan yang aman tentunya akan memperhatikan berbagai aspek termasuk dengan tempat penyimpanan barang gadai milik customer. Ditambah lagi perusahaan akan menyediakan asuransi, sehingga jika ada kerusakan ataupun kehilangan barang gadai sebelum dikembalikan. Maka, perusahaan kemungkinan besar akan memberikan ganti rugi. 

  • Cari tahu persyaratan dokumen yang harus disiapkan

Persyaratan dokumen yang harus disiapkan juga penting untuk dicari tahu sebelum mengajukan pegadaian. Bagaimana mungkin Anda bisa lolos pencairan dana, jika persyaratan dokumennya saja tidak lengkap. 

Secara umum persyaratan yang harus disiapkan sangatlah mudah. Contohnya di Lesca Gadai Premier, beberapa persyaratan yang harus disiapkan yaitu: Fotocopy e-KTP, Fotocopy Kartu Keluarga, BPKB Asli, Faktur pembelian, Form-A (untuk mobil CBU). Setiap perusahaan memiliki kebijakan yang berbeda-beda, sehingga Anda harus menyiapkan persyaratan dokumen sesuai dengan ketentuan perusahaan tersebut.

  • Berapa dana yang bisa dicairkan

Mobil Supercar jika digadaikan tentu akan memiliki nilai yang tinggi. Persentase pencairan dananya bisa sampai 90%. Namun, lagi-lagi tidak semua perusahaan memiliki kebijakan yang sama. Anda perlu menanyakan berapa dana yang bisa Anda dapatkan jika mengajukan gadai mobil Supercar.

Semakin tinggi nilai persentasenya, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan pencairan dananya. Akan tetapi, setiap perusahaan tentu sudah mahir dalam melakukan perhitungan nominal dana yang akan dicairkan dengan melihat berbagai aspek termasuk kondisi dari barangnya. 

Dari uraian yang Anda simak hingga akhir, semoga menjadi tambahan referensi untuk Anda. Sehingga, Anda dapat memilih perusahaan gadai mobil Supercar yang aman dan terpercaya

RELATED NEWS

Chat dengan kami