Ingin Gadai Mobil Supercar? Yuk, Cari Tahu Dulu Persyaratannya! | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

Ingin Gadai Mobil Supercar? Yuk, Cari Tahu Dulu Persyaratannya!

29 November 2022

Ingin Gadai Mobil Supercar? Yuk, Cari Tahu Dulu Persyaratannya!
SHARE

Ada banyak mobil yang dipasarkan dengan jenis-jenis yang berbeda. Pasalnya, bukan hanya sebagai alat transportasi, ada juga yang membeli mobil mewah untuk dijadikan sebagai koleksi. Misalnya saja mobil supercar yang cukup familiar di kalangan kelas atas. Mobil Supercar merupakan jenis mobil mewah yang memiliki performa lebih besar dan agresif dari mobil lainnya. Orang yang memiliki mobil supercar tentu saja bukan orang biasa, karena harganya yang bisa mencapai miliaran rupiah.

Memiliki mobil mewah bagi sebagian orang adalah investasi dimasa depan ketika membutuhkan dana yang cepat. Tak heran, bila saat ini banyak jasa pegadaian yang memberikan layanan gadai barang mewah seperti mobil Supercar. Gadai mobil supercar bisa menjadi solusi tepat untuk mendapatkan dana cepat tanpa harus menjualnya. 

Mengapa Harus Gadai Daripada Menjual?

Mobil supercar merupakan salah satu jenis mobil dengan harga yang fantastis. Dibanderol dengan harga ratusan juta hingga milyaran rupiah. Harga yang demikian mahal disebabkan oleh kualitas dari mobil ini yang tidak diragukan lagi performanya. Produksinya juga terbatas karena menyesuaikan dengan permintaan saja.

Maka, sangat disayangkan apabila mobil supercar dijual begitu saja karena sedang membutuhkan dana. Sehingga alternatif yang tepat tidak harus menjual tetapi bisa dengan menggadaikannya. Mobil Supercar Anda bisa kembali setelah melakukan pelunasan kredit yang dipinjam. Selain itu, manfaat gadai mobil Supercar lainnya yaitu:

  • Proses Pengajuan Mudah

Proses pengajuan pinjaman dana di tempat pegadaian sangatlah mudah. Anda dapat langsung mengajukan dana yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jika kelengkapan persyaratannya sudah siap, maka pengajuan akan semakin cepat.   

  • Pencairan Dana Cepat

Setelah melakukan pengajuan dengan membawa kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, Dana akan segera cair ke dalam rekening Anda tanpa perantara pihak lain. Setiap tempat jasa gadai memiliki waktu pencairan yang berbeda-beda. Sehingga disesuaikan dengan ketentuan dari pihak jasa pegadaian yang digunakan. 

  • Pinjaman Hingga 90%

Mobil Supercar memiliki harga yang sangat tinggi sehingga presentasi pencairan pinjaman juga tinggi. Sekelas mobil mewah memiliki persentase pinjaman hingga 90%. Artinya dana yang bisa dicarikan mencapai 90% dari taksiran harga mobil Anda. 

  • Suku Bunga Terjangkau

Suku bunga untuk pinjaman dengan jaminan mobil Supercar pada umumnya sama dengan dengan barang jaminan lainnya. Persentasenya kurang lebih sekitar 3% saja yang perlu Anda bayarkan dari dana yang dicairkan. Tidak perlu khawatir, dana yang harus dicairkan dapat dilunasi dengan cara kredit atau dicicil. 

  • Mobil Aman dan Masih Jadi Hak Milik

Barang yang dijadikan jaminan akan dibawa oleh pihak pegadaian untuk disimpan ditempat khusus. Setelah melakukan pelunasan, barulah mobil akan dikembalikan kepada Anda. Mobil Supercar Anda tetap menjadi hak milik pribadi Anda. Semakin cepat waktu pelunasan, maka semakin cepat pula mobil akan dikembalikan. 

Persyaratan yang Harus Disiapkan untuk Gadai Mobil Supercar

Setiap jasa gadai memiliki ketentuan yang berbeda terkait syarat dan dokumen yang harus disiapkan oleh pemohon. Kemudian, persyaratan yang harus disiapkan untuk mengajukan gadai juga berbeda-beda tergantung pada jenis barang jaminannya.

Akan tetapi, persyaratan untuk mengajukan gadai itu cukup mudah karena hanya dokumen kepemilikan saja yang diperlukan. Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini persyaratan yang harus Anda siapkan untuk gadai mobil Supercar. 

  • Fotocopy Kartu Identitas 

Persyaratan pertama yang harus disiapkan adalah fotocopy kartu identitas berupa  KTP (Kartu Tanda Penduduk). Fotocopy KTP merupakan persyaratan utama untuk melakukan pendataan identitas nasabah pemohon.

Tidak hanya menggunakan KTP, beberapa perusahaan juga memperbolehkan untuk menggunakan SIM (Surat Izin Mengemudi) untuk kelengkapan identitas diri. Namun, ada pula jasa pegadaian yang hanya menerima KTP saja. Maka, Anda perlu mempersiapkan keduanya untuk antisipasi. 

  • BPKB Asli 

BPKB atau Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor adalah buku yang dikeluarkan atau diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri. Fungsinya yaitu sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor atau mobil yang resmi. Jadi, nanti akan dilihat apakah data nya sama dengan identitas diri atau tidak.

Persyaratan yang kedua ini harus BPKB asli bukan fotocopy, karena nantinya akan disimpan bersama dengan mobil Supercar yang menjadi jaminan. Sehingga, selama masa waktu kredit berlangsung, BPKB tidak bisa Anda ambil. 

  • Faktur Pembelian

Selain BPKB dan STNK, Sebagai bukti kepemilikan resmi juga ada Faktur pembelian. Apalagi untuk mobil mewah seperti Supercar tentunya memiliki dokumen pembelian yang lengkap. Faktur pembelian mobil adalah kelengkapan dokumen lainnya yang diberikan kepada pembeli, dealer, Samsa dan Pihak Kepolisian Sementara.

Jadi, faktur pembelian mobil tidak bisa dimanipulasi karena sudah dibuat rangkap dengan pihak-pihak lainnya. Meskipun sudah ada BPKB dan STNK, Faktur pembelian juga menjadi dokumen penambah bukti legalitas atas kepemilikan mobil tersebut. 

  • Form A (untuk mobil CBU)

Bagi Anda yang ingin menggadaikan mobil CBU (Completely Built Up) atau mobil impor perlu mempersiapkan dokumen Form A. Mungkin Anda sudah mengetahui bahwa form A merupakan formulir atau surat keterangan impor kendaraan dari suatu negara ke Indonesia.

Form ini akan membuktikan bahwa Anda sudah melunasi bea cukai masuk beserta pajak-pajaknya. Jika tidak memiliki form A, maka pihak jasa gadai akan mempertimbangkan tentang pengajuan Anda. Karena bisa jadi kendaraan Anda dicurigai ilegal. 

  • Persyaratan Lainnya

Persyaratan lainnya yang harus Anda siapkan tergantung pada kebijakan dari setiap jasa gadai. Namun, persyaratan tambahan akan diberikan kepada pihak-pihak yang mengalami case tertentu. Misalnya pengajuan yang dilakukan itu bukan atas nama pemilik kendaraan. Maka, nanti akan ada persyaratan tambahan berupa surat kuasa.

Itulah beberapa informasi terkait manfaat dan persyaratan gadai mobil Supercar yang harus Anda siapkan. Menggadaikan mobil akan lebih efektif  daripada menjualnya. Persyaratan yang harus disiapkan sangat mudah tetapi pencairan dananya lebih cepat. Namun, keputusan tetap berada ditangan Anda. Apakah harus digadaikan atau dijual saja dengan resiko kehilangan mobil Supercar kesayangan Anda

RELATED NEWS

Chat dengan kami