Perbedaan Chronometer dan Chronograph pada Jam Tangan | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

Perbedaan Chronometer dan Chronograph pada Jam Tangan

29 June 2022

Perbedaan Chronometer dan Chronograph pada Jam Tangan
SHARE

Chronometer dan Chronograph memiliki kaitan yang sangat penting dengan jam tangan. Ini menjadi standar tinggi untuk mengukur waktu. Namun, apa saja perbedaan Chronometer dan Chronograph?

Pengertian Chronometer dan Chronograph

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang perbedaan Chronometer dan Chronograph, Anda harus mengetahui pengertian dari keduanya terlebih dahulu.

1. Chronometer

Selain memiliki desain yang menarik, jam premium biasanya akan dilengkapi dengan fitur kekinian yang super canggih.

Salah satunya adalah Chronometer yang berfungsi sebagai akurasi waktu dengan tingkatan tinggi label 1.

Secara umum, jam tangan dengan mesin manual otomatis akan memiliki label Chronometer. Jadi, pengguna bisa mengenalinya sebagai jam tangan akurat dan bisa diandalkan.

Produk jam premium apa saja yang mencantumkan Chronometer? Antara lain adalah Mido, Breitling, Omega, dan Rolex.

Selain itu, istilah Chronometer memiliki penjagaan yang ketat dalam industri jam tangan negara Swiss.

Di sana, sebuah jam tangan akan melewati berbagai tes. Ini bertujuan agar arloji tersebut memiliki standar ketepatan yang diberikan oleh Controle Officiel Suisse des Chronomètres (COSC).

Jadi, jam tangan akan mendapatkan sertifikat dan bisa menggunakan kata Chronometer di dalam produknya.

COSC sendiri adalah lembaga independen yang berwenang dalam menguji seberapa akurasinya jam bergerak. Setiap unit akan diuji dengan teliti selama 15 hari.

Penelitian menggunakan 5 posisi dan 3 temperatur yang berbeda-beda.

Jam tangan yang sesuai standar akan memiliki variasi harian tidak lebih dari - 4 sampai + 6 detik per harinya.

Swiss hanya memproduksi 3% jam dan lolos proses sertifikasi oleh COSDC. Namun, ada juga jam yang tidak melalui pengujian walaupun memiliki spesifikasi hampir sama.

2. Chronograph

Apakah Anda pernah membeli jam tangan tanpa mengetahui jenisnya dan pembelian dilakukan hanya karena desain yang menarik? Jika pernah, maka ada kemungkinan yang Anda beli adalah jam tangan jenis Chronograph.

Banyak orang yang merekomendasikan jam tangan jenis ini karena fungsi dan keunggulannya.

Bisa dilihat bahwa desain rumit ternyata memberikan kesan lebih menarik, jika dibandingkan dengan jam tangan berdesain klasik.

Namun, selain desain jam tangan jenis ini juga memiliki daya tarik lainnya.

Hal ini karena Chronograph diciptakan dengan fungsi lebih dari penunjuk waktu biasa. 

Chronograph memiliki fitur pengatur waktu, tentunya juga dilengkapi fungsi tambahan yang tidak kalah canggih.

Jika Anda ingin memiliki jam analog yang memiliki fungsi stopwatch, maka jam tangan Chronograph adalah pilihan yang tepat.

Secara umum, jam tangan Chronograph memiliki dua fungsi. Antara lain adalah sebagai stopwatch dan juga jam biasa.

Akan tetapi, bukan itu saja, Chronograph di pasaran juga memiliki multi-scale.

Tentunya dengan fungsi canggih seperti penunjuk waktu, pulsometer, dan telemetri dengan penggunaan hanya satu jam saja.

Ada juga fitur tachymeter yang digunakan untuk mengukur kecepatan rata-rata dengan skala numerik. Ini memiliki tempat pada sekitar tepi dial bezel. Dua fungsi utama Chronograph akan semakin keren, karena penambahan fitur ini.

Karena lebih dari sekedar jam dan stopwatch, Chronograph dilengkapi fungsi yang bervariasi. 

Antara lain seperti sebagai pengukur detak jantung, untuk menghitung kecepatan, dan bisa Anda gunakan sebagai pengingat waktu dua event secara bersamaan.

Bahkan, ada juga jam tangan Chronograph yang memberikan fungsi telemetri untuk membantu penggunanya dalam jarak jauh event.

Perbedaan Chronometer dan Chronograph

Apa sih yang menjadi perbedaan Chronometer dan Chronograph? Yuk, kenali lebih dalam!

Chronograph adalah fitur yang terdapat di jam tangan, sementara Chronometer adalah label yang digunakan dalam jam tangan.

Biasanya, Chronometer akan menggunakan mesin automatic.

Selain itu, Chronometer juga memiliki presisi yang tinggi. Dengan demikian, ia bisa menunjukkan ketepatan waktu secara akurat.

Penggunaan Chronometer juga dapat menjadi aksesori yang menambah keunikan dan daya tarik jam tangan.

Bagi Anda yang gemar mengoleksi jam tangan, pasti akan menjadi lebih detail dalam memperhatikan jam tangan. Baik itu fitur, model, dan desain sekalipun. 

Jadi, Anda akan lebih aware dan memiliki pertimbangan yang bagus saat akan membeli arloji.

Ada banyak merek jam tangan yang terkenal di dunia. Antara lain Omega, Piguet, Rolex, Audemars, Patek Philippe, dan lain sebagainya.

Berbagai merek tersebut tentu memiliki fitur-fitur yang canggih.

Jadi, banyak yang gemar membeli atau bahkan menjadi kolektor jam tangan tersebut.

Pada dasarnya, koleksi jam tangan dari merek terkenal akan memiliki nilai fantastis dan fitur istimewa yang tersedia mampu membuat Anda terkagum.

Dengan desain yang elegan dan pemberian gambaran yang mampu semua orang memilikinya. Itulah menjadikan banyak orang mengoleksinya.

Setiap jam tangan akan memiliki fitur dan spesifikasi yang berbeda-beda. Namun, Chronometer dan Chronograph juga terlihat memiliki kesamaannya tersendiri.

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang akan terkecoh karena nama keduanya hampir sama.

Padahal, dilihat dari segi manfaat, fungsi, dan cara kerjanya saja sudah berbeda.

Dengan demikian, Anda harus lebih memahami tentang perbedaan Chronometer dan Chronograph. Sehingga, Anda akan lebih mudah mengenali masing-masingnya. Baik fungsi, daya tarik, maupun manfaatnya.

Fungsi dan Manfaat Keduanya

Agar Anda bisa dengan mudah mengenali perbedaan Chronometer dan Chronograph, maka harus memahami fungsi dan manfaat dari keduanya.

Jika Anda sudah familiar terhadap fitur stopwatch, maka pastinya Anda akan lebih paham tentang Chronograph. Mengapa demikian? Karena stopwatch telah menjadi acuan Chronograph.

Chronograph memiliki fungsi sebagai alat untuk mengukur periode waktu.

Seiring berkembangnya fungsi, Anda akan lebih mudah menemukan Chronograph. Hal ini karena adanya tampilan tanggal dan waktu dari jam tangan.

Bahkan terkadang Chronograph memiliki penambahan skala perhitungan.

Seperti penjelasandi atas, bahwa jam tangan jenis ini dilengkapi dengan tiga skala perhitungan, yakni pulsometer, tachymeter, dan telemeter. 

Kita bisa menyimpulkan bahwa Chronograph itu memiliki fungsi dan manfaat sebagai fitur jam tangan untuk melakukan pengukuran terhadap tanggal dan waktu sesuai periode.

Sementara itu, apa fungsi dan manfaat dari Chronometer? Seperti yang kita tahu bahwa Chronometer adalah labeling untuk menunjukkan jam tangan automatic yang dilengkapi dengan presisi waktu

Label Chronometer sendiri sangat sulit untuk ditemukan pada jam tangan biasa. Hal ini memang jarang merek yang bisa mendapatkan nama label tersebut, kecuali melewati tes akurasi.

Mengapa demikian? Hal ini karena labeling Chronometer akan membutuhkan persyaratan uji akurasi gerakan jam oleh COSC. Jam tangan yang lolos uji akan memiliki sertifikasi dari COSC. 

Mana Pilihan Anda, Jam Tangan Chronometer atau Chronograph?

Dengan adanya perbedaan Chronometer dan Chronograph, diharapkan Anda bisa memilih jam tangan sesuai keinginan. Jadi, jam tangan spesifikasi apa pilihanmu? 

Lesca Gadai Premier adalah lembaga gadai Jakarta yang menyediakan layanan gadai jam tangan, mobil, dan barang mewah lainnya.

Tim kami memiliki pengetahuan luas tentang merek jam tangan mewah sehingga dapat memberikan nilai taksiran yang terbaik. 

Hubungi tim Sales kami untuk proses pinjaman dengan jaminan jam tangan hari ini juga.

 

 

 

RELATED NEWS

Chat dengan kami