Gadai Saham LQ45 : Solusi Dana Investasi Tanpa Perlu Menjualnya | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

Gadai Saham LQ45 : Solusi Dana Investasi Tanpa Perlu Menjualnya

28 February 2024

Gadai Saham LQ45 : Solusi Dana Investasi Tanpa Perlu Menjualnya
SHARE

Gadai Saham LQ45

Berbicara mengenai pegadaian atau gadai barang, bisa dibilang menjadi salah satu solusi dan opsi yang banyak dipilih orang saat terdesak ekonomi. Biasanya kegiatan gadai barang ini juga menjadi senjata ampuh untuk bisa mendapatkan uang dalam jumlah dan nominal tertentu sesuai dengan barang dan objek yang digadaikan. Tujuannya untuk membayara utang atau membayar kebutuhan lainnya yang punya sifat sangat mendesak.

Meski begitu banyak orang yang belum paham dan mengetahui detail dari gadai barang itu sendiri secara menyeluruh. Jadi pada dasarnya, gadai merupakan meminjam uang dalam batas waktu tertentu dengan menyerahkan barang sebagai tanggungan. Apabila telah sampai pada waktunya barang tersebut tidak ditebus, maka akan menjadi hak pemberi pinjaman.

Menurut OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, kegiatan gadai barang ini juga merupakan hak tanggungan atas barang bergerak; barang jaminan harus lepas dari kekuasaan debitur. Maksud dari barang bergerak adalah suatu benda atau barang yang dapat dipindahkan, bukan barang tetap misalnya tanah atau bangunan.

Secara singkat, sistem pengajuan gadai barang ini anda akan memberikan jaminan kepada lembaga terkait untuk mendapatkan sejumlah pinjaman dana dan harus dikembalikan sesuai tenggat waktu yang disepakati dan sudah anda tentukan. Jika anda berhasil melunasinya tepat waktu, maka barang jaminan anda akan kembali.

Tentunya dalam melakukan gadai barang atau pegadaian, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus melakukan sistem pegadaian di perusahaan yang memang sudah dipercaya dan punya reputasi yang sangat tinggi. Selain itu, perusahaan atau badan pegadaian atau gadai barang ini sudah mendapat sertifikasi dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

Berbicara mengenai gadai, selain menggunakan barang, ternyata gadai juga bisa menggunakan wujud yang bukan berupa barang fisik. Salah satu yang banyak digunakan orang sebagai objek gadai adalah saham LQ45. Nah mungkin banyak yang belum paham dan mengetahui apa sih saham LQ45 itu sendiri karena tergolong asing bagi orang awam.

Apa itu Saham LQ45 ?

Jadi pada dasarnya, saham LQ45 merupakan indeks yang berisi 45 saham yang sudah melalui proses seleksi dengan nilai likuiditas tinggi serta beberapa kriteria lainnya seperti kapitalisasi pasar, likuiditas, kondisi fundamental perusahaan serta prospek pertumbuhan perusahaan dan kriteria lainnya.

Kemudian indeks LQ45 perdana yang diluncurkan pada Bulan Februari 1977 oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam penerapannya, BEI akan melakukan review pada setiap saham LQ45 ini setiap enam bulan sekali atau setiap awal Februari dan Agustus. Dengan demikian, saham yang terdapat pada daftar tersebut dapat berubah-ubah.

Tujuan dibentuknya Indeks LQ45 adalah sebagai pelengkap dari Indeks Harga Saham Gabungan seperti IHSG. Disamping itu, penggunaan Indeks LQ45 juga merupakan sarana yang obyektif dan terpercaya bagi para pelaku pasar modal dalam memantau pergerakan harga dari saham-saham yang diperdagangkan di bursa.

Yang menatik, saham LQ45 ini merupakan satu-satunya saham yang bisa anda gadaikan. Tentunya untuk melakukan gadai saham LQ45 ini memiliki berbagai persyaratan atau cara yang perlu anda pahami dan ketahui secara mendalam. Berikut adalah ulasan lengkapnya yang perlu anda pahami dan ketahui mengenai syarat gadai saham LQ45 ini.

  1. Untuk Individu: Memiliki KTP atau paspor, NPWP, SID, jaminan surat berharga berupa saham dan atau obligasi, rekening bank dan nomor HP, serta mengisi formulir pengajuan.
  2. Untuk Koperasi atau Institusi: Menyiapkan KTP atau paspor orang yang mewakili perusahaan, rekening efek, SID perusahaan, AD/ART dan perubahan terakhir, Akte Pendirian, Laporan Keuangan serta mengisi formulir pengajuan.

Saat gadai saham LQ45 tersebut, syarat-syarat ini merupakan saham yang termasuk dalam LQ45 dengan Haircut KPEI Maksimal 30 persen. Sedangkan obligasi yang dapat digadaikan yaitu obligasi pemerintah yang diperdagangkan di BEI seperti SUN dan ORI, dan jatuh tempo minimal 180 hari. Adapun maksimal uang pinjaman yang bisa diberikan Pegadaian untuk individu sebesar Rp5 miliar. Sementara korporasi adalah Rp20 miliar.

Lalu ada beberapa cara yang bisa anda lakukan saat melakukan gadai saham LQ45 yang perlu anda pahami dan ketahui. Berikut adalah ulasannya yang perlu anda perhatikan.

  1. Nasabah mengajukan pinjaman ke Unit Gadai Efek atau UGE di Kantor Pusat Pegadaian dengan menyerahkan persyaratan atau mengakses pengajuan Gadai Efek melalui Pegadaian Digital.
  2. Petugas Unit Gadai Efek  atau UGE akan melakukan memverifikasi dan menginput data nasabah.
  3. Melakukan mutasi efek atau Pledge Efek sesuai dengan instruksi dari petugas unit Gadai Efek
  4. Setelah fasilitas pinjaman disetujui, nasabah mengkonfirmasi pinjaman Gadai Efek melalui link aplikasi yang dikirimkan melalui SMS.
  5. Setelah fasilitas pinjaman disetujui, nasabah mengkonfirmasi pinjaman Gadai Efek melalui link aplikasi yang dikirimkan melalui SMS.

Tempat Gadai Saham LQ45

Yang juga tidak kalah penting adalah dengan mencari tempat gadai saham LQ45 tersebut. Ternyata selain Pegadaian itu sendiri, ada beberapa perusahaan yang punya rekam jejak gadai saham LQ45 yang termasuk sangat baik dan berkualitas tinggi. Nah kami dari melalui PT Lesca Gadai Premier yang bisa anda pilih apabila mencari tempat jual beli tas branded second secara gadai yang aman.

PT Lesca Gadai Premier merupakan sebuah perusahaan Gadai yang sudah punya izin resmi dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, yang menawarkan kemudahan, kenyamanan dan Jam Tangan Mewah, Tas Mewah, Perhiasan Emas dan Berlian, Logam Mulia, serta Mobil Mewah. Dan juga untum gadai efek ini kami juga sudah mendapat pengakuan dan hasil review yang bisa dipercaya dan banyak konsumen besar memanfaatkan gadai saham LQ45 di tempat kami.

PT Lesca Gadai Premier juga sudah hadir dengan tim yang kompeten, profesional, dan siap memberi petunjuk maupun nasihat dalam hal gadai, Anda dapat menerima penilaian pasar yang wajar dengan suku bunga yang kompetitif. Manajemen kami berpengalaman di Pegadaian, Perbankan, dan Keuangan.

Bagi anda yang tertarik, anda bisa langsung mengunjungi kantor pusat kami di Jalan Pantai Indah Utara 2, Arcade Business Center Blok 3 PP & PR, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara 14460. Serta anda bisa menghubungi kontak marketing kami di nomor telepon 021-30051075 dan 082298881075. Serta anda bisa kunjungi website kami di www.lescagadai.co.id untuk melihat berbagai info dan katalog menarik.

RELATED NEWS

Chat dengan kami