7 Tips Membeli Perhiasan Emas Biar Investasi Tidak Merugi | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

7 Tips Membeli Perhiasan Emas Biar Investasi Tidak Merugi

27 June 2022

7 Tips Membeli Perhiasan Emas Biar Investasi Tidak Merugi
SHARE

Wanita mana yang nggak suka perhiasan, apalagi emas? Pasalnya, membeli perhiasan emas bisa menjadi kepuasan dan kenikmatan sendiri bagi sebagian besar wanita. 

Meskipun berkesan, belanja perhiasan tidak boleh dilakukan sembarangan tanpa pengetahuan dan keterampilan memilih yang khusus.

Maka dari itu lah, mengetahui tips membeli perhiasan emas sangatlah penting. Pasalnya, emas telah lama dikenal sebagai instrumen investasi yang berharga. 

Jadi, terlepas dari apakah Anda membeli perhiasan emas untuk pertama kali atau sudah berpengalaman, Anda perlu tahu tips membeli emas perhiasan untuk investasi. 

Tips Membeli Perhiasan Emas untuk Investasi

Dengan desain dan tren terbaru, perhiasan emas menjadi semakin menarik dan memikat kaum hawa. 

Ketika akan membeli perhiasan emas, kebanyakan dari Anda pasti lebih cenderung memilih untuk pergi ke berbagai toko perhiasan maupun pegadaian untuk membandingkan harga. 

Namun, tak jarang orang membuat kekeliruan, seperti membeli emas saat harganya sedang tinggi, tidak memeriksa kondisi fisik perhiasan secara langsung, dan lain-lain. 

Jadi, agar Anda bisa mendapatkan perhiasan emas dengan kualitas dan harga terbaik, berikut ini beberapa tips membeli perhiasan emas yang bisa Anda lakukan:

1. Periksa Kemurnian Perhiasan Emas yang Akan Dibeli

Emas paling murni adalah emas 24 karat yang tingkat kemurniannya mencapai 99,99%. 

Pada kemurnian ini, sifat emas cenderung lentur dan sangat halus, oleh karena itu dicampur dengan logam lain, yakni campuran tembaga dan perak.

Tujuannya ialah untuk memberikan kekuatan dan membuatnya tahan lama. Selain itu, kemurnian seluruh logam pada perhiasan emas dibagi menjadi 24 bagian.

Bila perhiasan emas yang Anda beli bertanda 18 karat, artinya dari total 24 bagian, 18 bagian perhiasan terdiri dari emas dan sisanya merupakan logam lain (perak, seng, atau tembaga).

Begitu juga perhiasan emas yang bertanda 22K, 14K, dan seterusnya.

2. Bandingkan Harga Emas Sebelum Membeli

Tips membeli perhiasan emas selanjutnya adalah melakukan riset dan perbandingan harga emas. 

Pasalnya, harga emas di Indonesia bisa naik turun sewaktu-waktu karena berbagai faktor. 

Oleh sebab itu, memeriksa harga sebelum membeli emas untuk investasi sangatlah penting untuk Anda lakukan. 

Meski toko perhiasan selalu mencantumkan harga pada setiap produk, ada baiknya Anda memeriksa update terbaru harga emas hari ini sebelum memutuskan untuk membeli.

Anda juga mengecek ke beberapa toko perhiasan untuk mendapatkan perbandingan harga terbaik. 

3. Jenis Perhiasan yang Ingin Anda Beli

Dalam toko yang menampilkan berbagai jenis dan desain perhiasan, bisa jadi membuat Anda bingung memilihnya jika Anda tidak yakin dengan jenis perhiasan yang diinginkan. 

Maka dari itu, penting untuk meluangkan waktu sebelum Anda pergi ke toko untuk menentukan jenis perhiasan yang Anda cari. 

Bila perlu, buka dan lihat kembali isi kotak perhiasan Anda untuk mengetahui jenis ornamen perhiasan emas apa saja yang sudah Anda miliki. 

Setelah itu, pertimbangkan pemilihan perhiasan emas berdasarkan style fashion Anda, keperluan pemakaian (sehari-hari atau event khusus), dan lain sebagainya. 

Jika demikian, Anda mungkin ingin mempertimbangkan tren saat ini dan model perhiasan emas terbaru. 

Untuk mengetahui jenis dan model perhiasan emas yang lagi nge-hits, Anda melihat situs web resmi perhiasan online langganan Anda.

4. Beli Perhiasan Emas dengan Variasi Warna yang Tepat

Tidak hanya desain, tetapi perhiasan emas terbaru juga hadir dalam berbagai warna, sebut saja Rose Gold, White Gold, dan Antique.

Semua variasi warna tersebut membuat perbedaan besar pada tampilan dan daya tarik sebuah ornamen perhiasan emas. 

Variasi warna perhiasan emas yang berwarna kuning cerah sangat cocok dengan warna kulit apapun, baik itu, putih, kuning langsat, gelap, atau sawo matang.

Sedangkan varian warna rose gold memberikan kesan hangat, sehingga cocok untuk Anda pakai di acara tertentu untuk menunjang penampilan jadi lebih cantik dan elegan.

Sementara itu, perhiasan emas yang berwarna antique akan sangat cocok berpadu dengan pakaian tunik atau kebaya Anda. 

Dan jika Anda memiliki kulit putih, maka recommended banget memakai perhiasan white gold karena pancaran warnanya lebih cerah. 

5. Tanda Identifikasi Perhiasan Emas

Perhiasan emas murni bersertifikat dapat diidentifikasi dengan tanda Hallmark atau semacam tanda khusus di permukaan emas. 

Tanda khusus ini merupakan embossing di bagian dalam sebagian besar ornamen dan sangat penting untuk menjamin kemurnian ornamen perhiasan.

Misalnya, tanda identifikasi sebuah cincin emas memiliki kode GB15, artinya cincin tersebut memiliki kadar emas sebesar 15% dengan jenis Gold Bond.

Biasanya, semakin besar kode angka yang tertera, semakin besar pula kadar emas yang terkandung dalam perhiasan tersebut. 

Pada perhiasan emas berupa cincin, kode emas tua yang paling besar kadar emasnya adalah 23K95 atau 958, yang artinya memiliki kadar emas sebesar 95,8% dan termasuk emas tua.

Selalu minta pihak toko untuk menunjukkan tanda ini kepada Anda. Jika pihak toko tidak menyanggupi, jangan sungkan untuk menolak melakukan pembelian. 

6. Pastikan Anda Mendapat Nota Pembelian

Setelah Anda memilih desain yang disukai, penting untuk mendapatkan faktur penjualan atau nota pembelian yang tepat untuk perhiasan emas yang Anda beli. 

Banyak toko perhiasan memberi Anda memo tunai, alih-alih memberikan nota pembelian yang jelas sehingga kerap menimbulkan perselisihan saat Anda berniat menjualnya kembali.

Maka dari itu, penting untuk meminta nota pembelian yang jelas dan sesuai.

Pastikan pada nota pembelian tercantum nama toko, alamatnya, nomor PPN, NPWP beserta stempel. 

Pastikan semua rincian pembelian Anda benar dan lengkap, mulai dari harga perhiasan, berat, kadar, ukuran, warna, hingga bentuknya. 

Bila perlu, Anda bahkan bisa meminta sertifikat kemurnian atau jaminan, di mana beberapa toko perhiasan mungkin akan mengenakan biaya tambahan. 

Sebagai tindakan terakhir, pastikan untuk menanyakan kembali tentang kebijakan penukaran, pengembalian, penjualan kembali.

7. Hindari Membeli Perhiasan Emas di Toko yang Bereputasi Buruk

Tips membeli perhiasan emas selanjutnya adalah pastikan Anda membeli di toko emas yang bereputasi baik, apalagi jika Anda membelinya dengan tujuan investasi.

Lantas, bagaimana ciri-ciri toko emas yang terpercaya? Pertama, harga jual perhiasan yang ditawarkan tidak akan jauh di bawah harga pasaran atau harga pada saat Anda membelinya.

Selain itu, toko emas yang bereputasi baik juga tidak akan mengenakan Anda sejumlah potongan yang besar ketika hendak menjual perhiasan emas di toko tersebut.

Nah, itulah beberapa tips membeli perhiasan emas untuk investasi yang bisa Anda jadikan referensi. 

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda mendapatkan perhiasan emas yang cocok dengan budget, selera, dan tujuan pembelian Anda, ya. 

Lesca Gadai Premier adalah lembaga gadai Jakarta yang menyediakan layanan pinjaman dana dengan menggunakan barang jaminan berupa jam tangan, mobil, dan barang mewah lainnya.

Tim kami akan menaksir dengan nilai pasar yang wajar dengan suku bunga yang kompetitif.

Anda juga tidak perlu khawatir karena kami telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami langsung. 

RELATED NEWS

Chat dengan kami