Anatomi Jam Tangan Mewah dan Fungsinya | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

Anatomi Jam Tangan Mewah dan Fungsinya

19 May 2022

Anatomi Jam Tangan Mewah dan Fungsinya
SHARE

Apakah Anda yang memiliki koleksi jam tangan mahal? Apakah Anda mengenali apa saja bagian-bagian atau parts dari jam tangan dan fungsinya? Baca penjelasan berikut!

Mengetahui setiap bagian dari jam tangan akan membantu Anda melakukan perawatan dan penanganan yang tepat jika terjadi kerusakan.

Jam Tangan Mewah Untuk Investasi

Apakah Anda pernah mendengar bahwa jam tangan mewah bisa dijadikan investasi? Ya, memang benar adanya jika jam tangan mewah bisa dijadikan investasi.

Namun apakah Anda tahu bagaimana prospek yang dimiliki jam tangan mewah sebagai investasi masa depan?

Pada dasarnya beberapa jam tangan mewah dengan harga selangit, dibuat limited edition. Semakin langka barangnya maka akan semakin mahal harganya.

Hal ini bahkan sangat menjanjikan jika jam tangan telah berumur sangat lama namun masih berfungsi dan dalam kondisi yang baik.

Bahkan harga jam tangan mewah yang Anda beli beberapa puluh tahun yang lalu dengan kondisi yang masih bagus, bisa laku terjual hingga 20x lipat di tangan seorang kolektor.

Hal ini membuktikan bahwa sebuah jam tangan mewah memang bisa menjadi investasi masa depan.

Maka tidak heran jika jam tangan menjadi salah satu barang yang mudah untuk menjadi barang jaminan atau barang gadai.

Mengenal Anatomi atau Bagian dari Jam Tangan dan Fungsinya

Untuk menjaga kondisi dari jam tangan mewah yang Anda beli, pastinya ada treatment khusus yang harus Anda lakukan.

Maka, hal pertama yang harus Anda pahami sebelum melakukan perawatan jam tangan mewah adalah anatomi atau bagian dari jam tangan dan fungsinya.

Berikut ini adalah beberapa bagian-bagian penting pada sebuah jam tangan lengkap dengan fungsi yang dimiliki:

1. Case atau Casis

Bagian pertama yang pasti ada dalam sebuah jam tangan adalah case atau casis, atau bisa dibilang wadah atau tempat dari parts jam tangan tersebut.

Pada umumnya, case menopang seluruh parts dan menjaga keseluruhan parts tersebut.

Case sendiri ada dua jenis yaitu anti air (water resistant) dan tidak.

Bagian jam tangan ini biasanya terdapat dua bagian, dimana bagian depan atau wadah, dan juga bagian belakang atau penutup (case back).

Penutup atau bagian belakang case sengaja dibuat terpisah atau bisa dibongkar pasang, sebagai pintu reparasi atau penggantian baterai jam.

Casis ini juga dibuat dari berbagai material, dimana selain mencari bahan terbaik, material juga digunakan untuk nilai tambah dari jam tersebut.

2. Bezel (Cincin)

Bagian kedua adalah bagian terluar atau sering disebut cincin yang mengelilingi crystal (kaca) dari sebuah jam tangan.

Bezel sendiri memiliki banyak fungsi, seperti contoh sebagai pemanis atau detailing, sebagai tambahan penunjukan fungsi waktu (hari bulan dan lainnya).

Bagian dari jam tangan ini, ada beberapa merk jam yang mendesain untuk fungsional maupun hanya sebagai penguat estetika saja.

Bahan dari bezel juga sangat beragam, namun kebanyakan menggunakan jenis material logam maupun keramik.

3. Crystal (Kaca)

Bagian ini selalu ada pada jenis jam mahal maupun standar. Yang menjadi pembeda adalah kualitas dari material yang dipilih.

Crystal merupakan bagian bening yang ada pada bagian tegah jam, dimana bagian ini berfungsi untuk melihat waktu yang ditunjukkan oleh jam tangan.

Selain menunjukkan waktu dari jam tangan, crystal juga memiliki fungsi lain sebagai pelindung parts untuk terkena air, debu maupun zat lain yang dapat menimbulkan masalah pada part lain.

Selain bahan yang beragam, bentuk dan finishing dari bagian ini dibuat berbeda-beda seperti flat, single domed, double domed dengan bahan dari kaca, akrilik hingga jenis crystal seperti safir.

4. Strap atau Bracelet (Tali Jam Tangan)

Strap atau bracelet merupakan bagian penting jam tangan agar terjaga atau terikat di tangan penggunanya.

Walaupun memiliki fungsi yang sama, strap dan bracelet memiliki banyak material seperti dari kulit, rantai, logam dan masih banyak lagi.

Jadi secara garis besar, bagian ini berfungsi sebagai pengikat dengan banyak jenis dan kemajuan teknologi yang terus berkembang.

5. Hand (Jarum Jam)

Kebanyakan jam tangan mewah memang berjenis jam analog, jadi bagian satu ini merupakan bagian jam tangan paling penting untuk menunjukkan waktu.

Hand merupakan bagian jam yang menunjukkan waktu dari jam, bentuk dari hand adalah sebuah jarum dengan fungsi masing-masing.

Pada umumnya, hand merupakan jarum yang menunjukkan waktu untuk jam, menit, dan detik. Namun ada beberapa jenis jam yang menunjukkan waktu lain seperti kalender.

6. Crown dan Pusher

Untuk mengatur hand, ada dua bagian yang mengaturnya, dimana bagian tersebut adalah crown dan pusher.

Dua bagian jam tangan ini terletak pada tepi dari sebuah jam tangan. Dimana kedua bagian ini digunakan untuk meng-adjust beberapa fungsi waktu.

Crown sendiri berfungsi untuk mengatur indikator waktu utama yaitu jam menit detik, sedangkan untuk pusher adalah bagian untuk mengatur fungsi tertentu seperti kalender.

7. Movement (Mesin)

Bagian jam tangan berikutnya adalah bagian penggerak atau mekanisme dengan tenaga baterai untuk menggerakkan hand dari jam.

Mekanisme ini terbuat dari beberapa gir mekanik dan juga elektronik yang saling terhubung, yang membuat jam berjalan sesuai waktu sebenarnya.

Secara garis besar, movement merupakan sebuah hairspring gear dan roda penyeimbang yang bergerak dari tenaga listrik dari mainspring yang dijadikan tenaga gerak.

Cara Merawat Jam Tangan Mewah

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat jam tangan mewah, agar tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama.

Berikut beberapa cara merawat yang bisa Anda lakukan:

1. Menyimpan pada Kotak Penyimpanan

Kotak penyimpanan merupakan part eksternal yang didesain khusus untuk melindungi jam secara maksimal.

Maka dari itu, ada baiknya Anda menyimpan jam tangan tersebut pada kotak penyimpanan yang dapat melindungi secara maksimal.

2. Rajin Bersihkan Jam Tangan

Jangan hanya menyimpan tanpa adanya treatment untuk membersihkan jam tangan mewah yang Anda beli.

Bersihkan bagian jam tangan yang memiliki bentuk dan fungsi yang kronis seperti pada bagian crown dan pusher yang memiliki fungsi yang kronis. 

3. Jauhkan Jam Tangan dari Magnet

Seperti yang Anda tahu, kebanyakan bagian jam tangan terbuat dari logam seperti movement, crown dan beberapa yang lainnya.

Maka ada baiknya Anda menjauhkan dari magnet, karena magnet dapat membuat kinerja jam menjadi tidak stabil dan bisa merusak fungsi jam tangan.

4. Hindarkan dari Risiko Bahaya

Banyak hal yang membahayakan jam tangan, seperti kegiatan ekstrim yang berisiko benturan dan goresan maupun bahan kimia berbahaya bagi jam.

Pahami batas waktu resistensi bagian dari jam tangan pada paparan sinar matahari dan terendam air, agar jam tidak cepat rusak.

5. Servis Jam Secara Teratur

Untuk menjaga kondisi jam, ada baiknya Anda melakukan servis dan pemeriksaan jam secara rutin.

Sebisa mungkin servis pada tempat Anda membeli atau service center dari merek jam yang Anda beli.

Nah, itulah bagian jam tangan dan bagaimana cara merawatnya. Untuk jam tangan mewah yang bisa jadi investasi masa depan, gunakan treatment yang sesuai. 

Punya jam tangan mewah yang sedang nganggur? Gadaikan saja untuk mendapatkan dana segar untuk kegiatan produktif lainnya. 

Lesca Gadai Premier adalah lembaga gadai Jakarta yang menyediakan layanan gadai jam tangan, mobil, dan barang mewah lainnya.

Tim kami akan menaksir dengan nilai pasar yang wajar dengan suku bunga yang kompetitif.

Anda juga tidak perlu khawatir karena kami telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami langsung. 

RELATED NEWS

Chat dengan kami