Tips Sukses Dapat Cuan pada Trading Saham Pemula | Lesca Gadai Premier (LGP) - Gadai Barang Mewah

Tips Sukses Dapat Cuan pada Trading Saham Pemula

24 May 2022

Tips Sukses Dapat Cuan pada Trading Saham Pemula
SHARE

Saat ini dunia investasi khususnya saham, mulai dilirik oleh banyak orang, termasuk kalangan muda. Selain investasi, trading saham pemula juga banyak peminatnya. 

Trading saham secara online kerap menjadi pilihan bagi para pemula. Hal ini dikarenakan modal trading saham via aplikasi di smartphone amat terjangkau. 

Namun, sebagaimana kita ketahui jika saham merupakan instrumen investasi berisiko tinggi. Maka, bagi Anda para investor ataupun trader pemula harus menguasai dan memahaminya. 

Nah, kali ini kami akan berbagai tips mendapatkan cuan atau setidaknya meminimalkan risiko rugi dari trading saham, khususnya bagi yang masih pemula. 

Hal Penting untuk Diperhatikan dalam Trading Saham Pemula 

Bagi Anda yang ingin menghasilkan keuntungan bermain saham dalam jangka pendek, maka trading bisa menjadi pilihan. 

Di mana keuntungan didapat dari selisih harga beli dan jual saham di pasar modal. Pada metode ini, kemungkinan kerugian memang lebih besar, tetapi lebih likuid sifatnya. 

Sementara pada investasi saham jangka panjang, artinya Anda harus menyimpan saham dalam jangka waktu lama, dan menerima keuntungan berupa deviden. 

Keuntungan yang bisa diberikan memang lebih besar dari trading. Anda juga berstatus sebagai pemilik perusahaan, tetapi tidak cukup likuid untuk memberi cuan dengan cepat. 

Kembali pada trading saham pemula, tidak sesulit berinvestasi tetapi tetap memerlukan pengetahuan dan pemahaman yang mumpuni. 

Tujuannya, agar bisa mengambil langkah tepat ketika akan menjual atau membeli saham, sehingga bisa mendapat keuntungan dan meminimalkan kerugian. 

Inilah beberapa hal penting dari cara investasi saham jangka pendek atau trading, yang harus diperhatikan oleh para investor atau trader pemula. 

1. Persiapkan Anggaran Khusus 

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang trader saham, maka harus sudah memiliki persiapan anggaran. 

Ini sangat penting, karena membawa pengaruh besar pada pola trading Anda kedepannya. Dengan adanya anggaran khusus, akan lebih mudah memproyeksikan keuntungan trading. 

Apabila sudah ada anggaran, Anda harus dapat mengelola dengan baik. Jangan sampai menggunakan 10% bahkan lebih dari portofolio Anda untuk saham individu. 

Keputusan itu akan membuat finansial Anda mudah terguncang. Pastikan Anda menggunakan uang untuk trading secara wajar dan tidak berpengaruh besar ketika Anda kehilangannya. 

Hindari menggunakan dana yang sudah Anda alokasikan untuk kebutuhan jangka pendek. Seperti misalnya biaya hidup sehari-hari, uang sekolah, atau pembayaran angsuran. 

Anda juga harus memiliki tabungan khusus untuk kebutuhan darurat, serta dana pensiun yang tidak akan terganggu oleh kebutuhan lain. 

2. Menentukan Sekuritas yang Paling Sesuai 

Pada saat Anda akan memulai membeli saham, pasti akan bersinggungan dengan pialang atau broker. Pilihlah broker yang terpercaya kredibilitasnya dan rendah biaya transaksinya. 

Akan lebih baik jika Anda memilih sekuritas yang biayanya sekitar 0,20% dari total pembelian saham. Dengan begitu, keuntungan yang diperoleh dari trading lebih optimal. 

Selain itu, cara Anda dalam berinvestasi saham jangka pendek alias trading lebih bisa diarahkan agar sempurna dalam menghasilkan keuntungan. 

3. Menentukan Saham dari Indeks Saham yang Paling Potensial 

Hal lain yang harus diperhatikan untuk trading saham pemula ialah mengenai di indeks saham apa sekuritas yang akan dibeli. 

Pihak BEI (Bursa Efek Indonesia) menjadikan indeks saham sebagai tolok ukur pergerakan harga atas kumpulan saham, sekaligus mengklasifikasikannya dalam beberapa kategori. 

Setidaknya ada 35 indeks saham yang telah terdaftar dalam BEI. Bagi pemula, supaya tidak bingung dianjurkan untuk memilih saham dari indeks LQ45 atau bisa juga IDX30. 

Alasannya adalah pada indeks LQ45, terdapat 45 perusahaan yang secara fundamental cukup baik.

Begitu juga dengan indeks IDX30 yang merupakan jajaran 30 saham dengan likuiditas tertinggi. 

Setiap saham yang berada pada kedua indeks tersebut, masuk dalam kategori blue chip alias saham unggulan atau papan atas. 

Bagi pemula, membeli saham yang ada pada kedua indeks tersebut sama seperti masuk dalam zona aman. 

Peluang untuk balik modal bahkan untung jauh lebih besar. Sementara risiko kerugian juga lebih bisa diminimalkan. 

Dengan memulai dari kedua indeks tersebut, Anda sebagai pemula bisa belajar lebih dalam tentang saham, setidaknya tahu saham apa saja yang masuk golongan saham unggulan. 

4. Menentukan Periode Trading 

Dalam dunia trading, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan jenis trading berdasarkan periodenya. 

Ada istilahnya trading aktif dan juga harian. Dua jenis perdagangan saham tersebut, yang akan menjadi rute Anda dalam mencapai tujuan sebagai seorang trader. 

Pada trading aktif, akan ada sepuluh bahkan lebih transaksi trading dalam satu bulan. Hal ini berkaitan dengan pengaturan waktu pasar yang mempengaruhi strategi perdagangan. 

Di mana tujuan utamanya adalah menghasilkan keuntungan untuk beberapa pekan atau beberapa bulan berikutnya, akibat dari peristiwa jangka pendek yang terjadi. 

Sementara trading harian, ialah aktivitas menjual, membeli, dan menutup posisi untuk saham yang sama pada perdagangan tunggal dalam sehari. 

Hal ini dilakukan trader untuk bisa menghasilkan keuntungan dalam hitungan menit, jam, ataupun di keesokan hari, dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham harian. 

Risikonya lebih besar dari trading aktif, tetapi lebih likuid. Selain itu, sekarang ini sudah banyak aplikasi trading saham harian yang bisa digunakan oleh pemula. 

5. Tingkatkan Kesabaran 

Dalam dunia trading, kesabaran juga merupakan modal penting dalam mencapai kesuksesan. Jangan karena ingin untung besar, lantas Anda membeli saham tanpa perhitungan. 

Bagi para pemula, sebaiknya memulai dengan trading saham online modal kecil via aplikasi. Jika mulai paham dan menghasilkan, bisa ditambah sedikit modalnya. 

Pada saat Anda harus mengalami rugi, maka bersikap bijak dan tetap tenang. Fokus pada solusi agar tidak kembali mengalami rugi. 

Dunia investasi khususnya trading saham, bukan hanya bisa memberi untung besar tetapi juga memungkinkan untuk rugi besar. 

Jadi, pahami baik-baik setiap mekanisme serta berbagai instrumen di dalamnya. Dengan begitu akan lebih mudah menentukan strategi trading untuk mengumpulkan pundi-pundi. 

Lesca Gadai Premier merupakan lembaga gadai yang menerima jam tangan, mobil, dan perhiasan mewah sebagai jaminan untuk mendapatkan dana cepat. 

Dapatkan taksiran nilai pasar yang wajar dengan suku bunga yang kompetitif, prosesnya juga cepat. 

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. 


 

RELATED NEWS

Chat dengan kami